Admisi Fakultas Hukum
Universitas Gdjah Mada
Admission Schedule
Admission Schedule for S1 Regular
Admission Schedule for S1 International
Jadwal Penerimaan Pascasarjana
Admission Schedule for Doctoral
Admission Procedure
Registration Procedure for S1 Regular
Registration Procedure for S1 International
Prosedur Pendaftaran Pascasarjana
Registration Procedure for Doctoral
Financing
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Gasal 2023/2024
Description | First Wave | Second Wave |
Application | 8 Maret – 20 April 2023 | 22 Mei – 7 Juli 2023 |
Document Verification | 16 Maret – 28 April 2023 | 28 Mei – 14 Juli 2023 |
Tes Substansi & Wawancara | 2 Mei 2023 | 17 – 18 Juli 2023 |
Status by Faculty | 4 – 5 Mei 2023 | 20 – 21 Juli 2023 |
Pengumuman Hasil (melalui akun pendaftaran) | 9 Mei 2023 | 25 Juli 2023 |
Registrasi oleh calon mahasiswa baru *** | 10 – 16 Mei 2023 | 26 – 31 Juli 2023 |
Payment of Single Tuition | 17 – 24 Mei 2023 | 1 – 7 Agustus 2023 |
Cetak bukti Registrasi dan NIU | 17 – 31 Mei 2023 | 1 – 31 Agustus 2023 |
Start of Academic Activity | Agustus 2023 | Agustus 2023 |
***) Calon mahasiswa mempunyai 3 (tiga) pilihan :
1. Menyelesaikan proses pra registrasi;
2. Mengajukan pengunduran diri;
3. Mengajukan penundaan registrasi (defer) ke periode semester berikutnya
Admission Procedure
- Create a registration account on the um.ugm.ac.id page, click here. here.
- Register online, click here. online, klik here.
- Prepare all the required documents. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
- Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
- Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No | Dokumen | Format |
---|---|---|
(1) | Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya dengan gelar Sarjana Hukum (S.H.) | |
(2) | Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) | |
(3) | Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) | |
(4) | Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal 450. Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
| |
(5) | Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini. | |
(6) | Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh here) | |
(7) | Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) | |
(8) | Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh here) | |
(9) | Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh here). |
- Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif. - Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
Pendaftar pada gelombang 1 belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara. - Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI
Jadwal Ujian
Ujian masuk Gelombang 1 dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Mei 2023 dengan detail pelaksanaan sebagai berikut
Jam 13.00 – 14.00 WIB : Tes Substansi (Jadwal bersamaan untuk semua peserta)
Jam 14.00 – 16.00 WIB : Tes Wawancara (jadwal berdasarkan urutan peserta)
Untuk Ujian Substansi dan Wawancara pada gelombang 1 akan dilaksanakan secara hybrid dengan ketentuan sebagai berikut;
- Peserta yang berasal dari provinsi D. I. Yogyakarta dan Jawa Tengah wajib mengikuti ujian masuk secara luring di Fakultas Hukum UGM
- Peserta yang berasal dari luar provinsi D. I. Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti ujian masuk secara daring melalui aplikasi zoom meeting (link zoom meeting akan diinfo via email)
Kuota Pemilihan Konsentrasi
Konsentrasi akan dibuka jika terdapat sekurang-kurangnya 5 (lima) mahasiswa yang memilih konsentrasi, mahasiswa memilih dua mata kuliah konsentrasi yang diminati, dan pembukaan konsentrasi berdasarkan peminatan dari mahasiswa, kecuali ada pertimbangan khusus.
Konsentrasi yang Ditawarkan
- Kluster Keperdataan;
- Kluster Pidana;
- Kluster Agraria dan Lingkungan;
- Kluster Internasional; dan
- Kluster Kenegaraan.
Tes Masuk
Terdapat tes tertulis dan wawancara dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru sesuai jadwal yang tertera. Tes tertulis mengenai pengetahuan dasar hukum yaitu Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia.
Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru
- Persyaratan formal: Ijazah dan transkrip nilai bersifat mutlak
- Persyaratan TOEFL dan TPA sesuai dengan ketentuan yang ada
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Gasal 2024/2025
Description | Gelombang 3 | Gelombang 4 |
Application | 30 April – 21 Mei 2024 | 11 Juni – 2 Juli 2024 |
Document Verification | 30 April – 27 Mei 2024 | 11 Juni – 8 Juli 2024 |
Tes Substansi & Wawancara | 29 – 31 Mei 2024 | 10 Juli 2024 |
Penstatusan | 4 Juni 2024 | 16 Juli 2024 |
Announcement | 6 Juni 2023 | 18 Juli 2024 |
Registrasi *** | 7 Juni – 31 Juli 2024 | 19 – 31 Juli 2024 |
Payment of Single Tuition | 13 Juni – 31 Juli 2024 | 24 – 31 Juli 2024 |
Start of Academic Activity | 12 Agustus 2024 | 12 Agustus 2024 |
Magister Ilmu Hukum pada penerimaan mahasiswa baru untuk Semester Gasal 2024/25 hanya membuka pendaftaran pada gelombang 3 dan gelombang 4
Admission Procedure
- Create a registration account on the um.ugm.ac.id page, click here. here.
- Register online, click here. online, klik here.
- Prepare all the required documents. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
- Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
- Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No | Dokumen | Format |
---|---|---|
(1) | Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya dengan gelar Sarjana Hukum (S.H.) | |
(2) | Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) | |
(3) | Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) | |
(4) | Sertifikat hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal 450. Panitia hanya menerima salah satu dari hasil tes potensi akademik berikut:
| |
(5) | Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima salah satu dari hasil tes kemampuan Bahasa Inggris berikut:
| |
(6) | Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh here) | |
(7) | Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) | |
(8) | Syarat khusus => Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format are required menggunakan yang ada di Program studi dan dapat diunduh here) | |
(9) | Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh here). |
- Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif. - Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran.
Peserta yang gagal atau tidak diterima dapat melakukan pendaftaran lagi pada gelombang berikutnya pada tahun yang sama tanpa harus membayar biaya Pendaftaran. Prosedurnya adalah;
– Peserta wajib mendaftar lagi di program studi yang sama pada gelombang sebelumnya
– Setelah sampai tahap kunci data peserta wajib menginformasikan kode pembayaran (bukan tangkapan layar) disertai hasil seleksi gelombang sebelumnya ke prodi melalui email ke mih.law@ugm.ac.id dan cc ke bernaduspurnawan@ugm.ac.id dan sriwiyanti.eddyono@ugm.ac.id dengan subject email sbb “Permohonan Bypass Biaya Pendaftaran Gelombang 4 tahun 2024 (Nama Peserta)”
– Setelah pihak universitas melakukan bypass pembayarannya silahkan klik sinkronisasi (jangan sampai lewat tanggal pendaftaran)Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI
Jadwal Ujian
Ujian masuk Gelombang 4 tahun 2024 dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Juli 2024 dengan detail pelaksanaan sebagai berikut
Jam 13.00 – 13.45 WIB : Tes Substansi (Jadwal bersamaan untuk semua peserta)
Jam 13.45 – 16.00 WIB : Tes Wawancara (jadwal berdasarkan urutan peserta)
Untuk Ujian Substansi dan Wawancara pada gelombang 4 akan dilaksanakan secara hybrid dengan ketentuan sebagai berikut;
- Peserta yang berasal dari provinsi di pulau Jawa wajib mengikuti ujian masuk secara luring di Fakultas Hukum UGM
- Peserta yang berasal dari luar provinsi di luar pulau Jawa mengikuti ujian masuk secara daring melalui aplikasi zoom meeting
Undangan dan info detail terkait pelaksanaan tes substansi dan wawancara akan diemail ke peserta setelah verifikasi dokumen selesai dilakukan. Sehingga penting bagi peserta untuk selalu memantau email setelah periode pendaftaran ditutup.
Kuota Pemilihan Konsentrasi
Konsentrasi akan dibuka jika terdapat sekurang-kurangnya 5 (lima) mahasiswa yang memilih konsentrasi, mahasiswa memilih dua mata kuliah konsentrasi yang diminati, dan pembukaan konsentrasi berdasarkan peminatan dari mahasiswa, kecuali ada pertimbangan khusus.
Konsentrasi yang Ditawarkan
- Kluster Keperdataan;
- Kluster Pidana;
- Kluster Agraria dan Lingkungan;
- Kluster Internasional; dan
- Kluster Kenegaraan.
Tes Masuk
Terdapat tes tertulis dan wawancara dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru sesuai jadwal yang tertera. Tes tertulis mengenai pengetahuan dasar hukum yaitu Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia.
Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru
- Persyaratan formal: Ijazah dan transkrip nilai bersifat mutlak
- Persyaratan TOEFL dan TPA sesuai dengan ketentuan yang ada dan wajib skor resmi (unofficial skor tidak diterima)
Schedule of Admission
Information | Intake 3 | Intake 4 |
Application Period | 30 April – 21 May 2024 | 11 June – 2 July 2024 |
Documents Verification | 30 April – 27 May 2024 | 11 June – 8 July 2024 |
Writing Test and Interview | 29 – 31 May 2024 | 10 July 2024 |
Announcement | 6 June 2024 | 18 July 2024 |
Registration | 7 June – 31 July 2024 | 19 – 31 July 2024 |
Payment of Tuition Fee | 13 June – 31 July 2024 | 24 – 31 July 2024 |
Academic Commencement | 12 August 2024 | 12 August 2024 |
Master in Law Program (LLM Class) only open intake 3 and intake 4 for admission at semester 1 of academic year 2024/25
Admission Procedure
- Creating an account through online registration here.
- Register online here.
- Applicants must prepare all the required documents. Late submitted documents after the registration will not be processed.
- Applicants must scanned documents below (the minimum size is 150KB and maximum size is 800 KB each file, scan of documents should be clearly seen and colored), then upload all documents through online registration.
No.
Document
Format
a. The latest colored photograph, formal dress and pose (taken looking straight forward to camera) with blue background *.jpg b. The latest legalized diploma certificate *.pdf c. The latest legalized transcript (all pages) *.pdf d. Accreditation certificate of study program from the latest degree *.pdf e. A valid Certificate of Academic Potential Test with minimum score of 500, validity is only for 2 years after the score issued.
- Academic Potential Test or Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
- Postgraduate Academic Potential Test or Tes Potensi Akdemik Pascasarjana (PAPs) UGM
- Basic Academic Ability Test by Association of Indonesian Psychological or Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI)
*.pdf f. A valid Certificate of English Proficiency Test, validity is only for 2 years after the score issued. A valid certificate of English Proficiency Test is issued by :
- Academic English Proficiency Test (AcEPT) from UGM with minimum score of 305,
- International English Testing System (IELTS) under IDP institutions with minimum score of 6.00.
- TOEFL ITP under IIEF institutions with minimum score of 525.
Candidates who fail to meet requirements of English Proficiency Test but are still within the consideration range (minimum AcEPT score of 268, minimum IELTS score of 5.5, or minimum TOEFL score of 500) are eligible for entry into the Program that they have to complete a mandatory English Bridging Course to be determined by the Program
*pdf g. Health certificate from a doctor at a hospital or a clinic *pdf h. Specific requirements :
Postgraduate applicants :
- Applicants projection in the LLM program Faculty of Law UGM (the form can be downloaded here).
i. Study permit from an institution where applicants work (form can be downloaded here). *pdf
- Letter of recommendation from 2 (two) lecturers from previous program study, preferably Academic Advisors or Office Supervisors. The website link for online submission will be given by UM UGM Committee directly to Academic Advisors or Office Supervisors through email. Please make sure that the email address of the referee is active.
- Pay non-refundable application fee via the Multi-Payment System of Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA or Bank Syariah Mandiri (BSM) as described here.
- Print the registration form used for applicants accepted as postgraduate students to register.
- If you can not print the application form or your online application fails, please contact us at: Phone & Fax: +62 274 512781
Eligibilities
Applicants who meet the requirements below may apply for International Postgraduate Program at the Faculty of Law :
1. | Colored Photograph, formal dress and pose (taken looking straight forward to camera), with blue background. |
2. | Original certificate or legalized certificate of Bachelor of Law (S.H./LL.B) or Bachelor of Islamic Law/Sharia (S.H.I) from a university or law school within or outside Indonesia.
|
3. | Original transcript or legalized copy of an original transcript
|
4. | Accreditation certificate of bachelor degree or equivalent, under several requirements :
If the accreditation certificate is invalid, it will not be processed. |
5. | A valid Certificate of Academic Potential Test with a minimum score of 500, validity is only for 2 years after the score is issued.
|
6. | A valid Certificate of English Proficiency Test, validity is only for 2 years after the score is issued.
Candidates who fail to meet requirements of English Proficiency Test but are still within the consideration range (minimum AcEPT score of 268, minimum IELTS score of 5.5, or minimum TOEFL score of 500) are eligible for entry into the Program that they have to complete a mandatory English Bridging Course to be determined by the Program |
7. | Letter of recommendation from 2 (two) lecturers from previous program study, preferably Academic Advisors or Office Supervisors. |
8. | Health certificate from a doctor at a hospital or clinic. |
9. | Specific requirements :
|
10. | Study permit from the institution where applicants work (form can be downloaded here). |
Cost
Fee | Indonesian Student | Non-Indonesian Students | Note |
Application Fee | IDR 1,500,000.- | IDR 1,500,000.- | To be paid once when a candidate applies for the program |
Tuition Fee | IDR 17,000,000,- | IDR 25,000,000.- | To be paid per semester by a student |
There is a scholarship for applicants who hold a Bachelor of Laws Degree from prominent local and oversea universities with predicate cum laude* (terms and conditions applied). Please contact the study program to get the detailed info.
Admission Test
Admission tests for intake 4 of 2024 will be conducted on Wednesday, 10 July 2024 with details as follows;
13.00 – 13.45 WIB : Writing Test (Introduction to Law and Introduction to Indonesian Law)
13.45 – 16.00 WIB : Interview
Test Venue: Faculty of Law Universitas Gadjah Mada
The admission committee will send an invitation for admission tests to candidates who pass the document verification via email. It is strongly advised that the candidates frequently check their email after the application period is closed.
International candidates (Non-Indonesian candidates) shall follow the following instruction
- Candidate shall apply for the program through admission.ugm.ac.id/registration/
- Candidate prepare for the following document
- Photograph
- LLB certificate/Diploma
- Academic transcript
- English Proficiency certificate (for non English speaking countries)
- Motivation Letter
- Curriculum Vitae
- Recommendation Letter
- After receiving your application documents, the Office of International Affairs (OIA) member and the Faculty member will process it into a selection process. Applicants will be assessed against the following criteria:
- Academic competence;
- Potential outcome, including contribution to development outcomes in your home country;
- Professional and personal leadership attributes
- If you are selected as one of the student candidates of UGM, you will receive a Letter of Offer (LO) via email that requests you to settle non-refundable payment for tuition fees and any other fees.
- Once the payment process is confirmed by the bank, OIA will process the documents for a Letter of Acceptance (LoA).
- You will receive the LoA and other information related to the courses offered, academic regulation, student buddy, etc. by email from admission@ugm.ac.id.
- The Office of International Affairs at UGM will process the application documents to the Directorate of Higher Education of Indonesia for a Study Permit. It usually takes two months to have the study permit issued.
- When the study permit is available, OIA will assist you in arranging for approval from the Immigration Office in Jakarta for the Limited Stay Visa (VITAS/Visa Tinggal Terbatas). It will take at least three/four months to arrange both the study permit and VITAS approval.
- Then, you will receive your VITAS (Limited Stay Visa/Visa Tinggal Terbatas) in your email directly from OIA (itas.oia@ugm.ac.id).
- Students with a stay duration of more than 4 months must process VITAS (Student Visa).
- You need to contact OIA no more than one week after you arrive in Indonesia via email admission@ugm.ac.id and cc: itas.oia@ugm.ac.id. Furthermore, you will receive other directions from OIA for completing your stay permit documents for your safety and convenience purpose.
A. Registration Requirements
- Bachelor Degree in Law or Non-Law*;
- Meet the master program registration requirements as stated at https://um.ugm.ac.id/percepatan-pendaftaran-magister/
https://um.ugm.ac.id/persyaratan-pendaftaran-magister/ - Provide an original transcript with the Grade Point Average at the Bachelor level, with the following criteria:
- ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
- ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
- ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
B. Registration Procedure
Can be accessed via https://um.ugm.ac.id/prosedur-pendaftaran-magister/
C. Selection Schedule
The selection will be carried out in 2 intakes according to the University selection schedule.
Can be accessed at https://um.ugm.ac.id/klik-seleksi-program-pascasarjana/#
D. Substance Test
Tes Substansi berupa tes tertulis dan tes wawancara.
*) Substance test schedule will be announced soon.
E. Others
The Tuition Fee (UKT) for each semester can be accessed via https://um.ugm.ac.id/tarif-biaya-kuliah/
A. Registration Requirements
- Bachelor Degree in Law or Non-Law*;
- Meet the master program registration requirements as stated at https://um.ugm.ac.id/percepatan-pendaftaran-magister/
https://um.ugm.ac.id/persyaratan-pendaftaran-magister/ - Provide an original transcript with the Grade Point Average at the Bachelor level, with the following criteria:
≥ 2.75 on a scale of 4 or equivalent, for applicants graduating from an A-accredited study program;
≥ 3.00 on a scale of 4 or equivalent, for applicants graduating from a B-accredited study program; or
≥ 3.25 on a scale of 4 or equivalent, for applicants graduating from a C-accredited study program.
B. Registration Procedure
Can be accessed via https://um.ugm.ac.id/prosedur-pendaftaran-magister/
C. Selection Schedule
Seleksi akan dilaksanakan pada gelombang 3 dan gekombang 4 sesuai ketentuan jadwal seleksi Universitas.
Can be accessed at https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-magister-dan-doktor/
D. Substance Test
Jadwal tes substansi akan diinformasikan menyusul
Materi tes substansi meliputi:
- Introduction to Law
- Introduction to Indonesia Law
- Hukum Perjanjian/Perikatan
- Hukum Agraria/Pertanahan
E. Others
- Daya tampung Program Studi Magister Kenotariatan Tahun Akademik 2024/2025 adalah 110 mahasiswa.
- Mahasiswa yang telah bekerja dapat mengikuti perkuliahan kelas sore, dengan jadwal setiap hari pukul 16.30 – selesai dan sabtu mulai pukul 08.00 – selesai
- The study period is a minimum of 3 semesters and a maximum of 6 semesters;
- The Tuition Fee (UKT) for each semester can be accessed via
Syarat Penerimaan
No | SYARAT PENERIMAAN | NILAI/SKOR MINIMAL | KETERANGAN |
1 | Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dilampiri Transkrip Nilai yang dilegalisir | > 2.50 > 2.75 > 3.00 | Dari Program Studi Terakreditasi A Dari Program Studi Terakreditasi B Dari Program Studi Terakreditasi C (menyerahkan bukti Publikasi karya Ilmiah di jurnal terakreditasi) |
2 | Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) dari UGM | 450
| Menyerahkan Serifikat yang masih berlaku dari UGM (2 tahun sejak diterbitkan) dapat dilampirkan |
3 | Tes Kemampuan Bahasa Inggris berupa Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM | 149 | Menyerahkan Serifikat AcEPT yang masih berlaku (2 tahun sejak diterbitkan) dapat dilampirkan |
Admission Procedure
- Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online di um.ugm.ac.id
- Persiapkan dokumen yang telah di scan untuk di unggah pada saat mendaftar online. Dalam pemilihan Program Studi, harus sesuai yakni; Magister Ilmu Hukum (Kampus Jakarta) serta dalam mengunggah harus sesuai dengan peruntukan dokumen masing-masing.
- Bukti Pendaftaran yang dicetak setelah menyelesaikan proses pendaftaran secara online dilengkapi dengan dokumen fisik di bawah ini:
- Fotokopi ijazah tingkat pendidikan sebelumnya yang sah dan legal, dilegalisir oleh institusi penerbit ijazah;
- Fotokopi transkrip akademik di pendidikan tingkat sebelumnya yang sah dan legal yang dilegalisir oleh institusi penerbit transkrip; memiliki IPK: (a) ≥/= 2.50 untuk terakreditasi A, (b) ≥/= 2.75 untuk terakreditasi B dan, (c) ≥/= 3.00 untuk terakreditasi C.
- Fotokopi sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang sebelumnya;
- Bagi pelamar program Magister (S2):
- Fotokopi sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) dari UGM yang masih berlaku dengan skor minimal 450, dilegalisir oleh institusi penerbit sertifikat.
- Fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Inggris berupa:
- Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM yang masih berlaku dengan skor minimal 149, dilegalisir oleh Pusat Pelatihan bahasa UGM.
- Surat izin untuk mengikuti pendidikan pascasarjana dari atasan/pimpinan instansi khusus bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di um.ugm.ac.id);
- Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di um.ugm.ac.id).
- Document authenticity statement (You can download the format in um.ugm.ac.id);
Penerimaan Mahasiswa
Penerimaan mahasiswa baru Program Studi Magister Hukum Litigasi dilakukan sekali dalam satu tahun, antara bulan April sampai dengan bulan Juli. Seleksi penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan seleksi khusus/substansi berupa wawancara. Hasil seleksi penerimaan mahasiswa akan diumumkan dan diberitahukan melalui laman http://um.ugm.ac.id. Ragam seleksi yang disediakan antara lain:
- Jalur Reguler, dengan skema:
a. Biaya Sendiri
Diperuntukkan bagi pendaftar dengan biaya sendiri/swadana.
b. Kerja sama
Diperuntukkan bagi:
1) pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga/instansi pemberi beasiswa (dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa); atau
2) pendaftar yang pendidikanya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM yang dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) yang berlaku (daftar mitra kerja sama dapat dipilih pada saat mengisi pendaftaran online).
c. Pelamar Beasiswa
Diperuntukkan bagi pendaftar yang sedang mendaftar beasiswa atau menunggu hasil seleksi beasiswa dari berbagai lembaga/instansi/ pihak pemberi beasiswa. - Jalur Internasional
Diperuntukkan bagi pendaftar Warga Negara Asing (WNA).
A. Registration Requirements
- Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau lulusan S1 bukan hukum yang bekerja di bidang hukum dari Program Studi yang terakreditasi.;
- Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C. - Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara.
- Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
PAPs UGM 450
TPDA PLTI 450
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS 450 - Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
AcEPT UGM 149
TOEP PLTI 401 (31)
International English Testing System (IELTS) 4.0
Internet-Based (iBT) TOEFL 30
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL 400 - Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
- Syarat khusus: Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh here);
- Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh here);
- Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
- Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh here).
B. Registration Procedure
Can be accessed via https://um.ugm.ac.id/prosedur-pendaftaran-magister/
C. Selection Schedule
Seleksi akan dilaksanakan pada gelombang 3 dan gelombang 4 sesuai ketentuan jadwal seleksi Universitas.
Can be accessed at https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-magister-dan-doktor/
D. Substance Test
Jadwal tes substansi akan diinformasikan menyusul dan dikirimkan melalui email masing-masing peserta.
Penerimaan Mahasiswa
Penerimaan mahasiswa baru Program Studi Magister Hukum Kesehatan dilakukan sekali dalam satu tahun, antara bulan April sampai dengan bulan Juli. Seleksi penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan seleksi khusus/substansi berupa wawancara. Hasil seleksi penerimaan mahasiswa akan diumumkan dan diberitahukan melalui laman http://um.ugm.ac.id. Ragam seleksi yang disediakan antara lain:
- Jalur Reguler, dengan skema:
a. Biaya Sendiri
Diperuntukkan bagi pendaftar dengan biaya sendiri/swadana.
b. Kerja sama
Diperuntukkan bagi:
1) pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga/instansi pemberi beasiswa (dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa); atau
2) pendaftar yang pendidikanya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM yang dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) yang berlaku (daftar mitra kerja sama dapat dipilih pada saat mengisi pendaftaran online).
c. Pelamar Beasiswa
Diperuntukkan bagi pendaftar yang sedang mendaftar beasiswa atau menunggu hasil seleksi beasiswa dari berbagai lembaga/instansi/ pihak pemberi beasiswa. - Jalur Internasional
Diperuntukkan bagi pendaftar Warga Negara Asing (WNA).
A. Registration Requirements
- Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang Ilmu Hukum dan/atau lulusan S1 bukan hukum dari Program Studi yang terakreditasi;
- Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C. - Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara.
- Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
PAPs UGM 450
TPDA PLTI 450
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS 450 - Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
AcEPT UGM 149
TOEP PLTI 401 (31)
International English Testing System (IELTS) 4.0
Internet-Based (iBT) TOEFL 30
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL 400 - Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
- Syarat khusus: Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh here);
- Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh here);
- Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
- Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh here).
B. Registration Procedure
Can be accessed via https://um.ugm.ac.id/prosedur-pendaftaran-magister/
C. Selection Schedule
Seleksi akan dilaksanakan pada gelombang 3 dan gelombang 4 sesuai ketentuan jadwal seleksi Universitas.
Can be accessed at https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-magister-dan-doktor/
D. Substance Test
Jadwal tes substansi akan diinformasikan menyusul dan dikirimkan melalui email masing-masing peserta.