Admisi Fakultas Hukum
Universitas Gadjah Mada

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Gasal 2023/2024

KeteranganGelombang 1Gelombang 2
Pendaftaran8 Maret – 20 April 202322 Mei – 7 Juli 2023
Verifikasi Dokumen16 Maret – 28 April 202328 Mei – 14 Juli 2023
Tes Substansi & Wawancara2  Mei 202317 – 18 Juli 2023
Penstatusan Oleh Fakultas4 – 5 Mei 202320 – 21 Juli 2023
Pengumuman Hasil (melalui akun pendaftaran)9 Mei 202325 Juli 2023
Registrasi oleh calon mahasiswa baru ***10 – 16 Mei 202326 – 31 Juli 2023
Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)17 – 24 Mei 20231 – 7 Agustus 2023
Cetak bukti Registrasi dan NIU17 – 31 Mei 20231 – 31 Agustus 2023
Mulai Kegiatan AkademikAgustus 2023Agustus 2023

***) Calon mahasiswa mempunyai 3 (tiga) pilihan :
1. Menyelesaikan proses pra registrasi;
2. Mengajukan pengunduran diri;
3. Mengajukan penundaan registrasi (defer) ke periode semester berikutnya

Prosedur Pendaftaran

  1. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    • Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    • Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
  3.  
NoDokumenFormat
(1)Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya dengan gelar Sarjana Hukum (S.H.)*.pdf
(2)Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK)*.pdf
(3)Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini)*.pdf
(4)

Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal 450. Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

*.pdf
(5)

Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

*.pdf
(6)Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini)*.pdf
(7)Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama)*.pdf
(8)Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)*.pdf
(9)Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).*.pdf
  1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
    Pendaftar pada gelombang 1 belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
  3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI

Jadwal Ujian 

Ujian masuk Gelombang 1 dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Mei 2023 dengan detail pelaksanaan sebagai berikut

Jam 13.00 – 14.00 WIB : Tes Substansi (Jadwal bersamaan untuk semua peserta)

Jam 14.00 – 16.00 WIB : Tes Wawancara (jadwal berdasarkan urutan peserta) 

Untuk Ujian Substansi dan Wawancara pada gelombang 1 akan dilaksanakan secara hybrid dengan ketentuan sebagai berikut;

  1. Peserta yang berasal dari provinsi D. I. Yogyakarta dan Jawa Tengah wajib mengikuti ujian masuk secara luring di Fakultas Hukum UGM
  2. Peserta yang berasal dari luar provinsi D. I. Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti ujian masuk secara daring melalui aplikasi zoom meeting (link zoom meeting akan diinfo via email)

Kuota Pemilihan Konsentrasi

Konsentrasi akan dibuka jika terdapat sekurang-kurangnya 5 (lima) mahasiswa yang memilih konsentrasi, mahasiswa memilih dua mata kuliah konsentrasi yang diminati, dan pembukaan konsentrasi berdasarkan peminatan dari mahasiswa, kecuali ada pertimbangan khusus.

Konsentrasi yang Ditawarkan

    • Kluster Keperdataan;
    • Kluster Pidana;
    • Kluster Agraria dan Lingkungan;
    • Kluster Internasional; dan
    • Kluster Kenegaraan.

Tes Masuk

Terdapat tes tertulis dan wawancara dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru sesuai jadwal yang tertera. Tes tertulis mengenai pengetahuan dasar hukum yaitu Pengantar Ilmu Hukum  dan Pengantar Hukum Indonesia.

Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru

    • Persyaratan formal: Ijazah dan transkrip nilai bersifat mutlak
    • Persyaratan TOEFL dan TPA sesuai dengan ketentuan yang ada

LEAFLET

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Gasal 2023/2024

KeteranganGelombang 3Gelombang 4
Pendaftaran30 April – 21 Mei 202411 Juni – 2 Juli 2024
Verifikasi Dokumen30 April – 24 Mei 202411 Juni – 5 Juli 2024
Tes Substansi & Wawancara27 – 28 Mei 20244 – 6 Juli 2024
Penstatusan4 Juni 20249 Juli 2024
Pengumuman Hasil 6 Juni 202311 Juli 2024
Registrasi ***7 Juni – 31 Juli 202412 – 31 Juli 2024
Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)13 Juni – 31 Juli 202418 – 31 Juli  2024
Mulai Kegiatan Akademik12 Agustus 202412 Agustus 2024
   

Magister Ilmu Hukum pada penerimaan mahasiswa baru untuk Semester Gasal 2024/25 hanya membuka pendaftaran pada gelombang 3 dan gelombang 4

***) Calon mahasiswa mempunyai 3 (tiga) pilihan :
1. Menyelesaikan proses pra registrasi;
2. Mengajukan pengunduran diri;
3. Mengajukan penundaan registrasi (defer) ke periode semester berikutnya

Prosedur Pendaftaran

  1. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    • Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    • Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
  3.  
NoDokumenFormat
(1)Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya dengan gelar Sarjana Hukum (S.H.)*.pdf
(2)Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK)*.pdf
(3)Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini)*.pdf
(4)

Sertifikat hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal 450. Panitia hanya menerima salah satu dari hasil tes potensi akademik berikut:

*.pdf
(5)

Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima salah satu dari hasil tes kemampuan Bahasa Inggris berikut:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM dengan minimal skor 175, lihat Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) dengan minimal skor 425, Lihat Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP dengan minimal score 4, lihat Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF dengan minimal skor 38 , lihat Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF dengan minimal skor 425,  lihat Jadwal Pelaksanaan Tes.
*.pdf
(6)Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini)*.pdf
(7)Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama)*.pdf
(8)Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)*.pdf
(9)Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).*.pdf
  1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
  3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI

Jadwal Ujian 

Ujian masuk Gelombang 2 dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juli 2023 dengan detail pelaksanaan sebagai berikut

Jam 09.00 – 09.45 WIB : Tes Substansi (Jadwal bersamaan untuk semua peserta)

Jam 09.45 – 12.00 WIB : Tes Wawancara (jadwal berdasarkan urutan peserta) 

Untuk Ujian Substansi dan Wawancara pada gelombang 2 akan dilaksanakan secara hybrid dengan ketentuan sebagai berikut;

  1. Peserta yang berasal dari provinsi D. I. Yogyakarta dan Jawa Tengah wajib mengikuti ujian masuk secara luring di Fakultas Hukum UGM
  2. Peserta yang berasal dari luar provinsi D. I. Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti ujian masuk secara daring melalui aplikasi zoom meeting 

Undangan dan info detail terkait pelaksanaan tes substansi dan wawancara akan diemail ke peserta setelah verifikasi dokumen selesai dilakukan. Sehingga penting bagi peserta untuk selalu memantau email setelah periode pendaftaran ditutup.

Kuota Pemilihan Konsentrasi

Konsentrasi akan dibuka jika terdapat sekurang-kurangnya 5 (lima) mahasiswa yang memilih konsentrasi, mahasiswa memilih dua mata kuliah konsentrasi yang diminati, dan pembukaan konsentrasi berdasarkan peminatan dari mahasiswa, kecuali ada pertimbangan khusus.

Konsentrasi yang Ditawarkan

    • Kluster Keperdataan;
    • Kluster Pidana;
    • Kluster Agraria dan Lingkungan;
    • Kluster Internasional; dan
    • Kluster Kenegaraan.

Tes Masuk

Terdapat tes tertulis dan wawancara dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru sesuai jadwal yang tertera. Tes tertulis mengenai pengetahuan dasar hukum yaitu Pengantar Ilmu Hukum  dan Pengantar Hukum Indonesia.

Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru

    • Persyaratan formal: Ijazah dan transkrip nilai bersifat mutlak
    • Persyaratan TOEFL dan TPA sesuai dengan ketentuan yang ada

LEAFLET

Schedule of Admission

InformationIntake 3Intake 4
Application Period30 April – 21 May 202411 June – 2 July 2024
Documents Verification30 April – 24 May 202411 June – 5 July 2024
Writing Test and Interview27 – 29 May 20244 – 6 July 2024
Announcement6 June 202411 July 2024
Registration7 June – 31 July 202412 – 31 July 2024
Payment of Tuition Fee13 June – 31 July 202418 – 31 July 2024
Academic Commencement12 August 202412 August 2024

Master in Law Program (LLM Class) only open intake 3 and intake 4 for admission at semester 1 of academic year 2024/25

Admission Procedure

  1. Creating an account through online registration here.
  2. Register online here.
    • Applicants must prepare all the required documents. Late submitted documents after the registration will not be processed.
    • Applicants must scanned documents below (the minimum size is 150KB and maximum size is 800 KB each file, scan of documents should be clearly seen and colored), then upload all documents through online registration.

      No.

      Document

      Format

      a.The latest colored photograph, formal dress and pose (taken looking straight forward to camera) with blue background*.jpg
      b.The latest legalized diploma certificate*.pdf
      c.The latest legalized transcript (all pages)*.pdf
      d.Accreditation certificate of study program from the latest degree*.pdf
      e.

      A valid Certificate of Academic Potential Test with minimum score of 500, validity is only for 2 years after the score issued.

      • Academic Potential Test or Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
      • Postgraduate Academic Potential Test or Tes Potensi Akdemik Pascasarjana (PAPs) UGM
      • Basic Academic Ability   Test by Association of Indonesian Psychological or Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI)
      *.pdf
      f.

      A valid Certificate of English Proficiency Test, validity is only for 2 years after the score issued. A valid certificate of English Proficiency Test is issued by :

      1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) from UGM with minimum score of 305,
      2. International English Testing System (IELTS) under IDP institutions with minimum score of 6.00.
      3.  TOEFL ITP under IIEF institutions with minimum score of 525.

      Candidates who fail to meet requirement of English Proficiency Test but are still within the consideration range (minimum AcEPT score of 268, minimum IELTS score of 5.5, or minimum TOEFL score of 500) are eligible for entry into the the Program that they have to complete a mandatory English Bridging Course to be determined by the Program

      *pdf
      g.Health certificate from doctor at hospital or a clinic*pdf
      h.

      Specific requirements :

      Postgraduate applicants :

      • Applicants projection in the LLM program Faculty of Law UGM  (the form can be downloaded here).
       
      i.Study permit from institution where applicants work (form can be downloaded here).*pdf
  3. Letter of recommendation from 2 (two) lecturers from previous program study, preferably Academic Advisors or Office Supervisor. The website link for online submission will be given by UM UGM Committee directly to Academic Advisors or Office Supervisor through email.  Please make sure that the email address of the referee is an active email address.
  4. Pay non refundable application fee via Multi-Payment System of Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA or Bank Syariah Mandiri (BSM) as described here.
  5. Print the registration form that is used for applicants who accepted as postgraduate student to register.
  6. If you can not print the application form or your online application fail, please contact us at: Phone & Fax:  +62 274 512781

     

Eligibilities

Applicants who meet the requirements below, may apply for International Postgraduate Program at the Faculty of Law  :

1.Colored Photograph, formal dress and pose (taken looking straight forward to camera), with blue background.
2.

Original certificate or legalized certificate of Bachelor of Law (S.H./LL.B) or Bachelor of Islamic Law/Sharia (S.H.I) from a university or law school within or outside Indonesia.

  1. Letter of graduation does not recognized.
  2. Foreign applicants must have equivalency diploma from Ministry of Higher Education in Indonesia (DIKTI).
3.

Original transcript or legalized copy of original transcript

  1. Minimum GPA (Grade Point Average) of 2.75 from a Faculty of Law with accreditation A
  2. Minimum GPA (Grade Point Average) of 3.00 from a Faculty of Law with accreditation B
4.

Accreditation certificate of bachelor degree or equivalent, under several requirements :

  1. Accreditation of study program is the current accreditation and proven by scan or print screen of accreditation certificate from the National Accreditation Board (BAN-PT) which still valid.
  2. The study program which the accreditation still in process of renewal, proven by receipt of submission form to the National Accreditation Board (BAN-PT), and not by the letter of recommendation from university.
  3. Certificate accreditation for Foreign applicants is proven by Letter of Equivalent Foreign Diploma (Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri) from DIKTI.

If the accreditation certificate is invalid, it will not be processed.

5.

A valid Certificate of Academic Potential Test with minimum score of 500, validity is only for 2 years after the score issued.

  1. Academic Potential Test or Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
  2. Postgraduate Academic Potential Test or Tes Potensi Akdemik Pascasarjana (PAPs) UGM
  3. Basic Academic Ability   Test by Association of Indonesian Psychological or Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI)
6.

A valid Certificate of English Proficiency Test , validity is only for 2 years after the score issued.

  1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) from UGM with minimum score of 305,
  2. International English Testing System (IELTS) under IDP institutions with minimum score of 6.00.
  3.  TOEFL ITP under IIEF institutions with minimum score of 525.

Candidates who fail to meet requirement of English Proficiency Test but are still within the consideration range (minimum AcEPT score of 268, minimum IELTS score of 5.5, or minimum TOEFL score of 500) are eligible for entry into the the Program that they have to complete a mandatory English Bridging Course to be determined by the Program

7.Letter of recommendation from 2 (two) lecturers from previous program study, preferably Academic Advisors or Office Supervisor.
8.Health certificate from doctor at hospital or clinic.
9.

Specific requirements :

  • Applicants projection in (the form can be downloaded here).
10.Study permit from institution where applicants work (form can be downloaded here).

Cost

FeeIndonesian StudentNon Indonesian StudentsNote
Application FeeIDR 1,500,000.-IDR 1,500,000.-To be paid once when a candidate applies the program
Tuition FeeIDR 17,000,000,-IDR 30,000,000.-To be paid per semester by a student

There is a scholarship for applicants who hold a Bachelor of Laws Degree from prominent local and oversea universities with predicate cum laude* (terms and conditions applied). Please contact the study program to get the detail info

LEAFLET

A. Persyaratan Pendaftaran

  1. Berijazah S1 Sarjana Hukum atau Non-Hukum*;
  2. Memenuhi persyaratan pendaftaran program magister sebagaimana tercantum
    https://um.ugm.ac.id/persyaratan-pendaftaran-magister/
  3. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1, dengan kriteria sebagai berikut:

≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A;
≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B; atau
≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C

B. Prosedur Pendaftaran

Dapat diakses melalui https://um.ugm.ac.id/prosedur-pendaftaran-magister/

C. Jadwal Seleksi

Seleksi akan dilaksanakan dalam 2 gelombang sesuai ketentuan jadwal seleksi Universitas.
Dapat diakses di https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-program-pascasarjana/#

D. Tes Substansi

Tes Substansi berupa tes tertulis dan tes wawancara.

*) Jadwal tes substansi menyusul

E. Lain – lain

UKT tiap semester dapat diakses melalui https://um.ugm.ac.id/tarif-biaya-kuliah/

A. Persyaratan Pendaftaran

  1. Berijazah S1 Sarjana Hukum;
  2. Memenuhi persyaratan pendaftaran program magister sebagaimana tercantum
    https://um.ugm.ac.id/persyaratan-pendaftaran-magister/
  3. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1, dengan kriteria sebagai berikut:

≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A;
≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B; atau
≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C

B. Prosedur Pendaftaran

Dapat diakses melalui https://um.ugm.ac.id/prosedur-pendaftaran-magister/

C. Jadwal Seleksi

Seleksi akan dilaksanakan pada gelombang 3 dan gekombang 4 sesuai ketentuan jadwal seleksi Universitas.
Dapat diakses di https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-magister-dan-doktor/

D. Tes Substansi

Jadwal tes substansi akan diinformasikan menyusul

Materi tes substansi meliputi:

  1. Pengantar Ilmu Hukum
  2. Pengantar Hukum Indonesia
  3. Hukum Perjanjian/Perikatan
  4. Hukum Agraria/Pertanahan

E. Lain – lain

  1. Daya tampung Program Studi Magister Kenotariatan Tahun Akademik 2024/2025 adalah 110 mahasiswa.
  2. Mahasiswa yang telah bekerja dapat mengikuti perkuliahan kelas sore, dengan jadwal setiap hari pukul 16.30 – selesai dan sabtu mulai pukul 08.00 – selesai
  3. Masa studi minimal 3 semester dan maksimal 6 semester;
  4. UKT tiap semester dapat diakses melalui 

Syarat Penerimaan

NoSYARAT PENERIMAANNILAI/SKOR MINIMALKETERANGAN
1Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dilampiri Transkrip Nilai yang dilegalisir

> 2.50 

> 2.75

> 3.00

Dari Program Studi Terakreditasi A 

Dari Program Studi Terakreditasi B

Dari Program Studi Terakreditasi C

(menyerahkan bukti Publikasi karya Ilmiah di jurnal terakreditasi)

2Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) dari UGM 

450 

 

Menyerahkan Serifikat yang masih berlaku dari UGM (2 tahun sejak diterbitkan) dapat dilampirkan
3Tes Kemampuan Bahasa Inggris berupa Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM149Menyerahkan Serifikat AcEPT yang  masih berlaku (2 tahun sejak diterbitkan) dapat dilampirkan

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online di um.ugm.ac.id
  2. Persiapkan dokumen yang telah di scan untuk di unggah pada saat mendaftar online. Dalam pemilihan Program Studi, harus sesuai yakni; Magister Ilmu Hukum (Kampus Jakarta) serta dalam mengunggah harus sesuai dengan  peruntukan dokumen masing-masing.
  3. Bukti Pendaftaran yang dicetak setelah menyelesaikan proses pendaftaran secara online dilengkapi dengan dokumen fisik di bawah ini:
    1. Fotokopi ijazah tingkat pendidikan sebelumnya yang sah dan legal, dilegalisir oleh institusi penerbit ijazah;
    2. Fotokopi transkrip akademik di pendidikan tingkat sebelumnya yang sah dan legal yang dilegalisir oleh institusi penerbit transkrip; memiliki IPK: (a) ≥/= 2.50 untuk terakreditasi A, (b) ≥/= 2.75 untuk terakreditasi B dan, (c) ≥/= 3.00 untuk terakreditasi C.
    3. Fotokopi sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang sebelumnya;
    4. Bagi pelamar program Magister (S2):
      • Fotokopi sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) dari UGM yang masih berlaku dengan skor minimal 450, dilegalisir oleh institusi penerbit sertifikat.
      • Fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Inggris berupa:
      • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM yang masih berlaku dengan skor minimal 149, dilegalisir oleh Pusat Pelatihan bahasa UGM.
    5. Surat izin untuk mengikuti pendidikan pascasarjana dari atasan/pimpinan instansi khusus bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di um.ugm.ac.id);
    6. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di um.ugm.ac.id).
    7. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di um.ugm.ac.id);

Penerimaan Mahasiswa

Penerimaan mahasiswa Magister Hukum Litigasi dilakukan sekali dalam satu tahun, antara bulan April sampai dengan bulan Juli. Penerimaan mahasiswa dilaksanakan secara online di laman http://um.ugm.ac.id. Penerimaan mahasiswa dilaksanakan melalui sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru, dengan mempertimbangkan tiga kriteria. Pertama, Prestasi Akademik; yang diukur dengan nilai Indeks Prestasi calon mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya. Kedua, Potensi Akademik; yang diukur dengan nilai tes potensi akademik yang masih berlaku. Ketiga, Kemampuan Berbahasa Inggris; yang diukur dengan nilai tes bahasa Inggris yang masih berlaku. Seleksi penerimaan mahasiswa Magister Hukum Litigasi dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan seleksi khusus berupa wawancara. Hasil seleksi penerimaan mahasiswa akan diumumkan dan diberitahukan melalui laman http://um.ugm.ac.id.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Berijazah S1 Ilmu Hukum atau lulusan 1 bukan hukum yang bekerja di bidang hukum dari Program Studi yang terakreditasi.
  2. Mempunyai Prestasi Akademik yang baik, ditunjukkan dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
  3. Mempunyai Potensi Akademik yang baik dan masih berlaku, ditunjukkan dengan nilai tes : Tes Potensi Akademik (TPA) atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes lain yang setara dan diakui oleh Universitas Gadjah Mada.
  4. Mempunyai Kemampuan Berbahasa Inggris yang baik dan masih berlaku, ditunjukkan dengan nilai tes : Academic English Proficiency Test (AcEPT); International English Language Testing System (IELTS); Test of English as a Foreign Language (TOEFL), baik Internet Based Test (IBT) maupun Institutional Testing Programme (ITP); Test of English Proficiency (TOEP); atau Test lain yang setara dan diakui oleh Universitas Gadjah Mada.
  5. Tes potensi akademik dan tes bahasa Inggris dapat diperoleh dari lembaga penyelenggara di dalam maupun di luar Universitas Gadjah Mada.

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;

2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  • ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  • Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  • Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

  • PAPs UGM dengan skor minimal 450
  • TPDA PLTI dengan skor minimal 450
  • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS dengan skor minimal 450

Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

  • AcEPT UGM dengan skor minimal 149
  • TOEP PLTI dengan skor minimal 27
  • International English Testing System (IELTS) dengan skor minimal 4.0
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dengan skor minimal 30
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dengan skor minimal 400

Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim panitian UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif ;

7. Syarat khusus

  • Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  • Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja

9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);

10. Dokumen ‪Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui um.ugm.ac.id

Scroll to Top