Magister Ilmu Hukum
UGM Kampus Jakarta

PROFIL SINGKAT

Program Studi Magister Ilmu Hukum UGM Kampus Jakarta (MIH Kampus Jakarta) mulai dibuka pada tahun 2001. Saat ini Prodi MIH Kampus Jakarta menawarkan dua peminatan yaitu Hukum Bisnis dan Hukum Litigasi. Setiap tahun Prodi melakukan dua kali penerimaan mahasiswa baru dengan jumlah yang diterima rata-rata 100 orang. Jumlah mahasiswa aktif dalam satu tahun ajaran mencapai 300 orang.

Mayoritas mahasiswa Prodi MIH Kampus Jakarta adalah kalangan pekerja dengan profesi sebagai Pengacara, Jaksa, Hakim, Pegawai Negeri, TNI & Polri, Karyawan Swasta, Konsultan, dan Pengusaha. Guna menyesuaikan dengan profil mahasiswa dan mempertimbangkan peminatan, Prodi MIH Kampus Jakarta memiliki kurikulum dengan muatan Hukum Bisnis (perusahaan, perbankan, investasi, persaingan usaha, kepailitan, kontrak komersial, perdagangan internasional, HAKI, ketenagakerjaan), dan Hukum Litigasi (etika profesi, penemuan hukum, pembuktian, HAM, legal memorandum & eksaminasi, eksekusi, ADR).

Perkuliahan diselenggarakan dengan metode problem-based learning (PBL) dengan memberikan kesempatan sebanyak mungkin pada mahasiswa untuk mengemukakan kasus-kasus hukum yang pernah mereka tangani. Lewat metode ini pengajar membantu mahasiswa untuk mengasah dan menajamkan kemahiran berpikir konseptual-analitik, problem solving sekaligus berkesadaran etik.

Penyelenggaraan perkuliahan di Prodi MIH Kampus Jakarta didukung oleh sebanyak 46 staf Pengajar dengan komposisi 34 teoritisi dan 12 Praktisi. Pengajar teoritisi mayoritas berasal dari UGM Kampus Yogyakarta. Pengajar Praktisi berasal dari kalangan Pengacara, Pegawai Pemerintah, dan Konsultan.

Sejak awal berdiri, Prodi MIH Kampus Jakarta menyelenggarakan kelas kerjama dengan instansi Pemerintah dan perusahaan seperti Kejaksaan Republik Indonesia dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kurikulum untuk kelas kerjasama dirancang agar bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan mitra (tailor-made).

Saat ini Prodi MIH Kampus Jakarta terakreditasi dengan peringkat A melalui Keputusan BAN-PT No. 3197/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2019.

Ketua Program Studi:
Dr. Rikardo Simarmata, S.H.

Sekretaris:
Dr. Ninik Darmini, S.H., M.Hum.

Visi

Menjadikan Program Studi Magister Ilmu Hukum UGM (Kampus Jakarta) sebagai pusat pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu hukum secara dinamis dan profesional di bidang hukum bisnis dan litigasi, yang memiliki daya saing di tingkat global.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran hukum yang berkualitas berbasis teknologi informasi.
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam mengindentifikasi dan menyelesaikan persoalan hukum secara profesional dan bermoral di bidang bisnis dan litigasi.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasional.

Menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan persoalan hukum secara profesional dan bermoral di bidang bisnis dan litigasi.

Lulusan menguasai pengetahuan dasar hukum dan kemahiran (legal skill) menggunakannya dalam menyiapkan kontrak dan pendapat hukum dalam berbagai dokumen seperti gugatan, surat dakwaan, dan putusan.

Info & Panduan
Magister Ilmu Hukum
Kampus Jakarta

Download Handbook
Magister Ilmu Hukum Kampus Jakarta