Program Studi Sarjana
S1 Reguler

Sebagai amanat dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan IPTEKS yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan. Dalam rangka revisi Kurikulum yang telah diterapkan sejak tahun 2015, Program Studi Sarjana Hukum Fakultas Hukum UGM telah mengadakan serangkaian kegiatan dalam melakukan evaluasi dan perubahan atas kurikulum tersebut sejak awal tahun 2020. Perubahan kurikulum di perguruan tinggi merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan sebagai tanggapan terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal needs), serta kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder needs). Fakultas Hukum UGM secara rutin mengadakan kegiatan workshop kurikulum, baik untuk program sarjana maupun pascasarjana, sebagai rangkaian acara Dies Natalis tiap tahunnya. Namun demikian, pada awal tahun 2020 pula, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberlakukan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka” (MBKM) yang masih berjalan dinamika pembahasannya. Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studi. Pemberlakuan kebijakan baru ini menuntut adanya relaksasi atas usulan kurikulum yang telah dibahas sebelumnya.

Ketua Program Studi:
Dr. Wahyu Yun Santoso, S.H., M.Hum., LL.M.

Sekretaris:
Richo Andi Wibowo, S.H., LL.M., Ph.D.

Visi

Fakultas Hukum berkelas dunia yang kompetitif, inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang unggul bertaraf internasional dan pengembangan ilmu hukum secara berkelanjutan.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmu hukum yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasional.
  1. Mampu memahami, menginternalisasikan dan melaksanakan nilai-nilai relijius, Pancasila, dan tanggung jawab etika profesi hukum serta integritas di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
  2. Menguasai asas, teori, doktrin, dan norma hukum baik nasional maupun internasional dengan pendekatan penelitian hukum monodisipliner;
  3. Menguasai isu-isu permasalahan hukum kontemporer di masyarakat baik dalam lingkup nasional maupun global;
  4. Mampu mengaplikasikan dan menerapkan ilmu hukum yang berkeadilan melalui kajian dan analisis terhadap masalah hukum yang terjadi dan berkembang dalam kehidupan masyarakat dalam lingkup nasional dan global, secara bermutu dan bertanggung jawab;
  5. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan guna melakukan penelitian di bidang hukum secara mono- untuk merancang dokumen hukum dengan menjunjung tinggi etika profesi hukum;
  6. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ilmu hukum yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  7. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang hukum berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  8. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global.

Lulusan program S1 (Sarjana Hukum) diharapkan menguasai asas/prinsip, teori dan doktrin ilmu hukum dengan kemampuan menerapkannya dalam praktek. Kompetensi tersebut ditunjukkan dengan:

  1. Kemampuan menerapkan ilmu hukum melalui pemantauan dan analisis terhadap masalah hukum yang terjadi dan berkembang dalam kehidupan masyarakat, secara bermutu dan bertanggung jawab.
  2. Kemampuan menguasai asas, teori dan konsep hukum agar mampu menerapkan hukum positif dalam menemukan dan memberikan solusi masalah atas kasus hukum yang ada di masyarakat, sesuai dengan lingkup pekerjaan atau profesinya.
  3. Kemampuan menyelesaikan masalah hukum sesuai lingkup pekerjaan atau profesinya, menurut prinsip-prinsip hukum yang berkeadilan.
  4. Kemampuan melakukan penelitian di bidang hukum secara mono- dan multidisipliner untuk menjawab permasalahan di masyarakat.

Kemampuan mandiri, dan/atau dalam kelompok, untuk memilih dan menggunakan metode yang sesuai untuk mempersiapkan rancangan dokumen hukum dengan menjunjung tinggi etika profesi hukum.

Download Handbook
Program Studi Sarjana
S1 Reguler