Tentang Fakultas Hukum
Universitas Gadjah Mada

Tentang FH UGM

Visi

Fakultas Hukum berkelas dunia yang kompetitif, inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan hukum yang unggul bertaraf internasional dan pengembangan ilmu hukum secara berkelanjutan.

Menyelenggarakan penelitian ilmu hukum yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat.

Menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasional.

Tujuan

Menjadikan Fakultas Hukum UGM sebagai pendidikan tinggi hukum terbaik di Indonesia dengan reputasi internasional melalui:

Pendidikan tinggi hukum yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten yang mampu menjawab tantangan zaman, serta menciptakan para juris yang profesional dan handal dalam bidangnya.

Produk Penelitian hukum yang menjadi rujukan nasional berbasis keunggulan lokal untuk mewujudkan substansi hukum di Indonesia yang respoonsif terhadap kebutuhan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata.

Pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian rakyat yang sadar akan hukum secara berkelanjutan sebagai prasyarat negara hukum yang demokratis.

Tata kelola fakultas hukum yang berintegritas, transparan dan akuntabel guna menunjang efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya. Kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan alumni dan mitra.

Sasaran

Terwujudnya pembelajaran berbasis penelitian.

Tercapainya fakultas berkelas dunia dan peningkatan reputasi internasional di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Terwujudnya pemantapan peran dalam penyelesaian masalah bangsa dengan pendekatan kerakyatan dan sosio-kultur Indonesia, serta mengangkat keunggulan lokal ke tingkat dunia

Terciptanya lingkungan kampus yang aman, tertib, dan nyaman.

Profil Lulusan

Lulusan program S1 (Sarjana Hukum) diharapkan menguasai asas/prinsip, teori dan doktrin ilmu hukum dengan kemampuan menerapkannya dalam praktek. Kompetensi tersebut ditunjukkan dengan:

  1. Kemampuan menerapkan ilmu hukum melalui pemantauan dan analisis terhadap masalah hukum yang terjadi dan berkembang dalam kehidupan masyarakat, secara bermutu dan bertanggung jawab.
  2. Kemampuan menguasai asas, teori dan konsep hukum agar mampu menerapkan hukum positif dalam menemukan dan memberikan solusi masalah atas kasus hukum yang ada di masyarakat, sesuai dengan lingkup pekerjaan atau profesinya.
  3. Kemampuan menyelesaikan masalah hukum sesuai lingkup pekerjaan atau profesinya, menurut prinsip-prinsip hukum yang berkeadilan.
  4. Kemampuan melakukan penelitian di bidang hukum secara mono- dan multidisipliner untuk menjawab permasalahan di masyarakat.
  5. Kemampuan mandiri, dan/atau dalam kelompok, untuk memilih dan menggunakan metode yang sesuai untuk mempersiapkan rancangan dokumen hukum dengan menjunjung tinggi etika profesi hukum.