Magister Kenotariatan

Info & Panduan
Magister Kenotariatan

Kurikulum
Ujian Semester
Tesis
Yudisium dan Wisuda

Informasi Yudisium dan Wisuda

1. Prosedur Pendaftaran Yudisium

Yudisium di Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UGM dilaksanakan setiap bulan.  Fakultas menerbitkan  surat keterangan yudisium yang menetapkan nama-nama mahasiswa yang telah memenuhi syarat pendaftaran yudisium program studi.

Berikut adalah proses yang harus dilaksanakan:

  1. Mengisi form online pendaftaran yudisium di sini, dan berkas yudisium yang harus diupload (dalam bentuk PDF) adalah seperti apa yang tercantum dalam g-form tersebut;
  2. Seksi Akademik melakukan pengecekan dan pengesahan berkas Yudisium;
  3. Mahasiswa melakukan update data nomor telepon HP dan email non UGM via SIMASTER pada menu pengaturan, sub menu data akun;
  4. Mahasiswa memenuhi prasyarat menu yudisium di SIMASTER dengan melengkapi data bebas pinjam, ETD, Gama co brand dan exit survey;
  5. Mahasiswa mendaftar yudisium melalui SIMASTER di menu Akademik sub menu Yudisium sebagaimana periode yudisium yang tercantum dalam Surat Keterangan Yudisium Fakultas;
  6. Setelah pendaftaran yudisium di SIMASTER disetujui, mahasiswa melakukan entri data online;
  7. Data online yang terkait dengan penulisan judul tesis, menggunakan format Title Case: Huruf pertama pada setiap kata utama/mayor menggunakan huruf kapital/besar. Kata-kata minor seperti kata sandang, kata depan, dan kata sambung tidak menggunakan huruf kapital kecuali terletak pada kata pertama dari judul tesis;
  8. Penulisan nama untuk ijazah adalah nama lengkap tanpa gelar dan sesuai ijazah S1 dengan menggunakan format Title Case: huruf pertama pada setiap penggalan nama menggunakan huruf kapital/besar.  Bila ada ralat nama atau tanggal lahir harus melampirkan fotocopy akta kelahiran atau surat keputusan pengadilan;
  9. Untuk penulisan judul tesis dan nama untuk ijazah harap dilakukan secara benar dan dicek kembali sebelum disimpan dalam sistem SIMASTER dikarenakan jika ada kekeliruan dalam pengisian data maka menjadi tanggung jawab mahasiswa sendiri;
  10. Ketika upload Ijazah, KTP dan pasfoto, diharapkan masing-masing file tidak lebih dari 1 MB;
  11. Pada saat upload pasfoto berwarna (resmi dan terbaru/ pria jas berdasi, wanita blazer), berlatar belakang putih.

2. Prosedur Pendaftaran Wisuda

Periode wisuda program Pascasarjana di Universitas Gadjah Mada dilaksanakan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Bagi mahasiswa yang akan mengikuti wisuda wajib untuk mengikuti prosedur pendaftaran wisuda dan melengkapi semua berkas sebagaimana tercantum di pengumuman wisuda melalui laman Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM.  Perlu diperhatikan prosedur pendaftaran wisuda berbeda peruntukannya dengan prosedur pendaftaran yudisium, sehingga ketika mahasiswa sudah melakukan pendaftaran yudisium, yang bersangkutan wajib melakukan pendaftaran Wisuda.

Berikut adalah prosedurnya:

  1. Setelah mahasiswa melakukan entri data yudisium di Simaster dan sudah diverifikasi baik Fakultas dan DPP, maka untuk selanjutnya mahasiswa mendaftar Wisuda via Simaster.
  2. Sebelum melakukan pendaftaran wisuda, silahkan melakukan pengecekan dan persetujuan isian data ijazah dengan klik preview ijazah
  3. Setelah preview ijazah disetujui maka silahkan klik daftar wisuda

Berkas wisuda yang harus dicetak dan dikumpulkan:

  1. Pass photo hitam putih ukuran 3×4 berjumlah empat lembar dengan ketentuan warna dasar gelap, kertas doff, menghadap lurus ke depan, kedua daun telinga harus kelihatan bagi yang tidak berjilbab dan tidak memakai kacamata hitam. Khusus laki-laki memakai pakaian sipil lengkap (jas dan dasi), untuk perempuan menyesuaikan (blazer).
  2. KTM Asli dan Fotokopi KTM 1 Lembar;
  3. Semua berkas dimasukkan ke dalam stopmap warna merah dan dikumpulkan ke loket akademik atau dapat dikirim melalui pos.
Scroll to Top