Program Studi
Pasca Sarjana
Magister Hukum Bisnis dan Kenegaraan

Info & Panduan
Program Studi
Pasca Sarjana
Magister Hukum Bisnis dan Kenegaraan

Kurikulum
Ujian Semester
Tesis
Yudisium dan Wisuda

Informasi Yudisium dan Wisuda

1. Prosedur Pendaftaran Yudisium

Yudisium Prodi Magister Hukum Bisnis dan Kenegaraan Fakultas Hukum UGM dilaksanakan setiap bulan. Mahasiswa yang akan mendaftar yudisium wajib mengikuti prosedur dan melengkapi semua syarat berkas yudisium sebagai berikut :

Berikut adalah proses yang harus dilaksanakan:

  1. Mendownload dan Mencetak formulir yudisium di website law.ugm.ac.id
  2. Mengisi form online pendaftaran yudisium (Klik di sini), dan berkas yudisium yang harus diupload (dalam bentuk PDF) adalah:
    • Surat Pendaftaran Yudisium (yang sudah ditanda tangani)
    • Lembar Persetujuan Revisi Ujian Tesis
    • Transkrip Nilai Sementara (pastikan sudah mengambil semua mata kuliah dan nilai sudah keluar)
    • Surat Pernyataan Penggunaan Nilai
    • Scan Asli atau Fotocopy Legalisir, Ijazah S1
    • Scan Asli atau Fotocopy Legalisir, Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP/AcEPT)
    • Scan Asli atau Fotocopy Legalisir, Sertifikat Kemampuan Akademik (TPA/PAPs)
    • Permohonan bebas SPP (UKT).
  3. Seksi Akademik dan Kemahasiswaan melakukan pengecekan dan pengesahan berkas Yudisium untuk dimasukkan dalam daftar yudisium di SIA SIMASTER.
  4. Setelah tahap 1 – 3 sudah dilalui, mahasiswa mendaftar yudisium melalui SIA SIMASTER menyesuaikan dengan periode yudisium yang sedang berlangsung.
  5. Rapat Yudisium dilaksanakan pada minggu terakhir bulan berjalan.

2. Prosedur Pendaftaran Wisuda

Periode wisuda program Pascasarjana di Universitas Gadjah Mada dilaksanakan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Bagi mahasiswa yang akan mengikuti wisuda wajib untuk mengikuti prosedur pendaftaran wisuda dan melengkapi semua berkas paling lambat tanggal 20 pada setiap bulan sebelum bulan periode wisuda. Perlu diperhatikan prosedur pendaftaran wisuda berbeda peruntukannya dengan prosedur pendaftaran yudisium, sehingga ketika mahasiswa sudah melakukan pendaftaran yudisium, yang bersangkutan wajib melakukan pendaftaran Wisuda.

Berikut adalah prosedurnya:

  1. Sudah menyelesaikan prosedur yudisium di atas.
  2. Entri online wisuda melalui SIMASTER. Jika ada kendala atau nama belum muncul, silahkan menghubungi bagian akademik
  3. Pada saat input online harus upload pasfoto berwarna (resmi, pria : jas berdasi, wanita menyesuaikan dan terbaru), berlatar belakang putih (detail ada di simaster).
  4. Pastikan bahwa semua data yang diisi melalui simaster sudah benar dikarenakan jika ada kekeliruan dalam pengisian data maka menjadi tanggung jawab mahasiswa sendiri.

Berkas wisuda yang harus dicetak dan dikumpulkan:

  1. Kartu bimbingan Tesis yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing Tesis;
  2. Tanda bukti bebas pustaka dan bukti penyerahan Tesis dan CD dari Perpustakaan Fak. Hukum UGM
  3. Tanda bukti Unggah Mandiri (unggah.etd.ugm.ac.id)
  4. Surat pernyataan tidak mempunyai pinjaman buku (bermaterai 10.000 & di tandatangani) download melalui http://bit.ly/PernyataanBebasPinjam
  5. Intisari dan Abstract – 1 Lembar
  6. Naskah Publikasi Bahasa Indonesia dijilid merah- 1 Bendel
  7. Untuk yang cuti harus melampirkan bukti cuti;

Semua berkas dimasukkan ke dalam stopmap tebal warna merah dan dikumpulkan atau dikirimkan ke loket akademik paling lambat tanggal 20 di bulan sebelum periode wisuda.

Scroll to Top