Program Studi Sarjana
S1 Internasional

1. Prosedur Pendaftaran Yudisium Sarjana

Yudisium di Fakultas Hukum UGM dilaksanakan setiap bulan dan bagi mahasiswa yang akan mendaftar yudisium wajib mengikuti prosedur dan melengkapi semua syarat berkas yudisium.

Pendaftaran Yudisium dapat dilakukan setiap saat namun Fakultas akan membatasi pendaftar per tanggal 20 pada setiap bulannya. Apabila tanggal 20 bertepatan dengan hari libur/sabtu/minggu, maka batas pendaftarannya akan diundur sampai pada hari kerja berikutnya. Khusus untuk bulan Januari dan Juli Prodi Sarjana juga akan melakukan Yudisium pada tanggal 31 Januari dan 31 Juli yang mana Yudisium ini bertujuan agar mahasiswa terbebas dari kewajiban pembayaran UKT pada semester berikutnya, namun mahasiswa yang bersangkutan belum bisa mengikuti wisuda pada periode Februari bagi yang yudisium 31 Januari dan belum bisa mengikuti wisuda pada periode Agustus bagi yang yudisium 31 Juli.

Berikut adalah prosedurnya;

  1. Mendownload dan Mencetak formulir yudisium
  2. Mengisi form online pendaftaran yudisium di sini, dan berkas yudisium yang harus diupload (dalam bentuk PDF) adalah:
    • Surat Permohonan Yudisium Sarjana (yang sudah ditandatangani)
    • Transkrip Sementara (pastikan sudah mengambil semua mata kuliah dan nilai sudah keluar semua termasuk KKN dan Penulisan Hukum)
    • Surat Bebas pustaka dari perpustakaan Fakultas Hukum UGM
    • Bukti Pembayaran Herregistrasi semester terakhir
    • Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa
    • Fotokopi ijazah SMA 1 lembar.
  3. Seksi Akademik dan Kemahasiswaan melakukan pengecekan dan pengesahan berkas Yudisium untuk dimasukkan dalam daftar yudisium di SIA SIMASTER.
  4. Setelah tahap 1 – 3 sudah dilalui, mahasiswa melakukan update data nomor telepon HP dan email non UGM via Simaster pada menu pengaturan, sub menu data akun.
  5. Melengkapi prasyarat yudisium dengan melengkapi data bebas pinjam, ETD, Gama co brand dan exit survey.
  6. Mendaftar yudisium melalui SIMASTER di menu akademik sub menu Yudisium menyesuaikan dengan periode yudisium yang sedang berlangsung.
  7. Setelah sudah disetujui pendaftaran di SIMASTER, mahasiswa entri data online.
  8. Penulisan judul tesis menggunakan format Title Case: Huruf pertama pada setiap kata utama/mayor menggunakan huruf kapital/besar. Kata-kata minor seperti  kata sandang, kata depan, dan kata sambung tidak menggunakan huruf kapital kecuali terletak pada kata pertama dari judul tesis.
  9. Penulisan nama untuk ijazah adalah nama lengkap tanpa gelar dan sesuai ijazah S1 dengan menggunakan format Title Case :huruf pertama pada setiap penggalan nama menggunakan huruf kapital/besar.  Bila ada ralat nama atau tanggal lahir harus melampirkan fotocopy akta kelahiran atau surat keputusan pengadilan.
  10. Untuk penulisan judul tesis dan nama untuk ijazah harap dilakukan secara benar dan dicek kembali sebelum disimpan dalam sistem SIMASTER dikarenakan jika ada kekeliruan dalam pengisian data maka menjadi tanggung jawab mahasiswa sendiri.
  11. Ketika upload Ijazah, KTP dan surat keterangan lainnya, diharapkan masing-masing file tidak lebih dari 1 MB.
  12. Ketentuan upload pasfoto untuk ijazah
    Ukuran Foto
    –  Foto berwarna background putih
    – Ukuran maksimal 2 MB dengan ukuran/rasio foto 3 : 4 dan format .jpg (jika ukuran/rasio foto belum sesuai —–ketentuan, bisa dilakukan crop foto terlebih dahulu)
    Pakaian
    – Pria: Kemeja putih, dasi hitam, jas hitam (bukan jas almamater)
    – Wanita: Kemeja putih, blazer hitam (bukan jas almamater)
    – Bagi wanita berjilbab: Mengenakan kemeja putih, jas hitam (bukan jas almamater), jilbab hitam dan dimasukkan dalam kemeja
    Posisi
    – Badan dan kepala tegak sejajar menghadap ke depan
    – Kedua daun telinga harus kelihatan bagi yang tidak berjilbab
    – Tidak menggunakan kacamata, cadar, masker, dan penghalang wajah lainnya
    Kualitas Foto
    – Foto harus jelas/tajam dan tidak kabur
    – Bukan foto hasil scan/repro dari HP
  13. Rapat Yudisium dilaksanakan pada minggu terakhir bulan berjalan.

2. Pendaftaran Wisuda Sarjana

Periode wisuda program Sarjana di Universitas Gadjah Mada dilaksanakan pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Bagi mahasiswa yang akan mengikuti wisuda wajib untuk mengikuti prosedur pendaftaran wisuda dan melengkapi semua berkas paling lambat tanggal 20 pada setiap bulan sebelum bulan periode wisuda. Perlu diperhatikan prosedur pendaftaran wisuda berbeda peruntukannya dengan prosedur pendaftaran yudisium, sehingga ketika mahasiswa sudah melakukan pendaftaran yudisium, yang bersangkutan wajib melakukan pendaftaran Wisuda.

Berikut adalah prosedurnya:

  1. Mahasiswa mendaftar wisuda di Fakultas pada link berikut: Daftar wisuda
  2. Selanjutnya mahasiswa juga mengisi  Form Data Orang Tua Wisudawan (login SSO)
  3. Setelah mahasiswa melakukan poin 1 -2 dan entri data yudisium di Simaster dan sudah diverifikasi baik Fakultas dan DPP, maka untuk selanjutnya mahasiswa mendaftar Wisuda via Simaster.
  4. Sebelum melakukan pendaftaran wisuda, silahkan melakukan pengecekan dan persetujuan isian data ijazah dengan klik preview ijazah

Setelah preview ijazah disetujui maka silahkan klik daftar wisuda

3. Prosedur Permohonan Pengajuan Surat Keterangan dan Pengganti Lembar Pengesahan Tugas Akhir

  1. Pengelola prodi mengirim surat keterangan dimaksud ke mahasiswa untuk dilampirkan dalam unggah mandiri tugas akhir.
  2. Mahasiswa mengisi form online disini, dan pastikan data yang anda isikan lengkap dan benar.
  3. Pengelola prodi memverifikasi kebenaran data yang diberikan mahasiswa berdasarkan BA Ujian &/ persetujuan revisi skripsi/tesis/disertasi dari dosen penguji;
  4. Pengelola prodi mengajukan permohonan kepada Dekan (prodi S3) atau Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (prodi S1 & S2) berdasarkan hasil verifikasi untuk diterbitkannya surat keterangan pengganti lembar pengesahan skripsi/tesis/disertasi;
  5. Dekan/Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menerbitkan Surat Keterangan Pengganti Lembar Pengesahan Tugas akhir dan dikirim ke prodi dan Perpustakaan Universitas;
Scroll to Top