Kemeriahan PPSMB Kolaborasi 2022 Hari Kedua

PPSMB Kolaborasi 2022 pada Kamis (4/8) berlangsung dengan meriah. Kegiatan pada hari kedua ini memang lebih berfokus pada kehidupan perkuliahan di Fakultas Hukum UGM. Tidak heran jika suasana yang terbangun lebih santai dan menarik khususnya bagi para Justicia Muda.

Rangkaian PPSMB Kolaborasi 2022 hari kedua diawali dengan talkshow bertajuk “Inspiring Alumni”. Talkshow ini dipimpin oleh  Zuhdi Fansuri Ariawan (FH 19) selaku moderator. Adapun para yang menjadi pembicara sesi ini ialah Abdurrahman Faris Alwi, S. H. (FH 15), Ditho Sitompoel, S. H. LL. M. (FH 09), dan Ashriza Noor Hikmah, S. H. (FH 10). Dalam sesi ini, para alumni banyak membagikan pengalaman mereka saat berkuliah dah bagaimana dampak yang mereka rasakan setelah memasuki dunia kerja. 

Setelah itu, rangkaian dilanjutkan dengan talkshow  “Mahasiswa Aktif dan Berprestasi” yang dipimpin oleh Rachelle Amadea (FH 21). Sesi talkshow kali ini menghadirkan 3 mahasiswa Fakultas Hukum UGM, yaitu Kevin Daffa Athilla (FH 19), Talitha Candrakirana (FH 20), dan Rafsi Albar (FH 20). Ketiganya merupakan mahasiswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. 

Dalam sesi talkshow ini, ketiga mahasiswa tersebut banyak membagikan pengalaman mereka selama berkuliah di Fakultas Hukum UGM.Tak jarang, ketiganya mengajak para Justicia Muda untuk ikut menjadi mahasiswa yang aktif baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Menurut mereka, ada banyak hal yang mereka dapatkan dari organisasi yang tidak mereka dapatkan dalam kelas.

Setelah sesi talkshow selesai, para Justicia Muda diarahkan untuk mengikuti focus group discussion yang dipimpin oleh mahasiswa Fakultas Hukum UGM. Tema FGD kali ini adalah “Negara Hukum dan Kehidupan Berdemokrasi di Era Transformasi Digital”.

Rangkaian selanjutnya ialah perkenalan dan bazaar LO, LSO, dan komunitas yang ada di Fakultas Hukum UGM. Setiap LO, LSO, dan komunitas diberikan waktu untuk memperkenalkan diri pada para Justicia Muda.

Adapun LO, LSO, dan komunitas yang turut memeriahkan PPSMB Kolaborasi 2022, antara lain Dema Justicia, ALSA LC FH UGM, Athens, Business Law Community (BLC), BPPM MAHKAMAH, Community of International Moot Court (CIMC), Constitutional Law Society (CLS), FPPH PALAPA, Satria Paramartha, Justicia Basketball Club (JBC), Justicia Football Club (JFC), Islamic Law Forum (ILF), Keluarga Muslim FH UGM, Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Speciality FH UGM, FH UGM Cares, Sanggar Kesenian Apakah, Majestic-55, dan Ultras Justicia.

Para Justicia Muda diberikan waktu sekitar 30 menit untuk mengikuti bazaar LO, LSO, dan komunitas. Antusiasme Justicia Muda dapat terlihat dari suasana riuh rendah yang tercipta di Taman Fakultas Hukum UGM. Meskipun begitu, pelaksanaan bazaar ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker dan hand sanitizer.

Setelah waktu habis, para Justicia Muda diarahkan menuju lapangan upacara untuk mengikuti penutupan PPSMB Kolaborasi 2022. Rangkaian penutupan PPSMB Kolaborasi 2022 diawali dengan penampilan dari Band Mahasiswa FH UGM angkatan 2020. Kehadiran Band Mahasiswa ini semakin memeriahkan suasana, apalagi banyak diantara pada Justicia Muda yang ikut bernyanyi mengikuti alunan musik.

Setelah penampilan band, rangkaian dilanjutkan dengan awarding peserta PPSMB Kolaborasi 2022. Predikat Peserta Terbaik PPSMB Kolaborasi 2022 diberikan kepada Ramadani Sugianto dari Kelompok 20 dan Indyra Radhiyana dari Kelompok 13. Predikat Peserta Teraktif PPSMB Kolaborasi 2022 diraih oleh Muhammad Zakiuddin dari Kelompok 12 dan Aprodytha Widya Oryza dari Kelompok 19. Sedangkan Kelompok Terbaik PPSMB Kolaborasi 2022 jatuh kepada Kelompok 19.

Penutupan PPSMB Kolaborasi 2022 kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat dari Adrianto Dwi Nugroho, S.H ., Adv .LL.M. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama, sekaligus penutupan secara simbolis  PPSMB Kolaborasi 2022. Dengan ini, rangkaian   PPSMB Kolaborasi 2022 secara resmi telah berakhir.

Selamat datang di Fakultas Hukum UGM, Justicia Muda!

Berita Terbaru

Sharing Session Pusat Kajian Law, Gender, and Society FH UGM bersama Nyai Nissa Wargadipura, Pendiri Pesantren Ekologi Ath-Thaariq

Jumat  (23/01/2023), Pusat Kajian Law, Gender, and Society Fakultas Hukum Universitas Gadjah (LGS FH UGM) melakukan sharing session dengan Tokoh Perempuan Inspiratif, Nyai Nissa Wargadipura …

Pemakzulan Presiden: Apakah Boleh? Apakah Mungkin?

Belakangan isu mengenai pemakzulan presiden kembali mencuat. Isu ini muncul sebagai respon terhadap kegaduhan yang terjadi belakangan ini terutama sejak putusan Mahkamah Konstitusi yang membuka …

Bagaimana Sebaiknya Arah Pengembangan Pembelajaran Hukum Administrasi di Indonesia?

Apakah perkembangan regulasi terkait Hukum Administrasi Negara (HAN) dan penguatan Peradilan Tata Usaha Negara (Peratun) lebih dari satu dekade terakhir bisa dilihat sebagai kemajuan, stagnasi, …

Jumat  (23/01/2023), Pusat Kajian Law, Gender, and Society Fakultas Hukum Universitas Gadjah (LGS FH UGM) melakukan sharing session dengan Tokoh Perempuan Inspiratif, …

Belakangan isu mengenai pemakzulan presiden kembali mencuat. Isu ini muncul sebagai respon terhadap kegaduhan yang terjadi belakangan ini terutama sejak putusan Mahkamah …

Apakah perkembangan regulasi terkait Hukum Administrasi Negara (HAN) dan penguatan Peradilan Tata Usaha Negara (Peratun) lebih dari satu dekade terakhir bisa dilihat …

Scroll to Top