Fakultas Hukum UGM menjadi Tuan Rumah International 1st Conference on Socio Legal Studies (6-7 September 2017)

Dekan & presenter

Fakultas Hukum UGM menjadi Tuan Rumah International 1st Conference on Socio Legal Studies

Fakultas Hukum UGM, bekerja sama dengan University of Leiden, The University of Melbourne, The University of Sydney, dan KITLV yang tergabung dalam Indonesia, Australia, and The Netherlands Community (IANC) on Socio Legal Studies menyelenggarakan konferensi internasional yang bertajuk Legal Reform in Indonesia: Towards Justice. Pendekatan sosio-legal menjadi krusial saat ini untuk memahami hukum secara lebih utuh, berikut berbagai konteks sosial yang bekerja disekitarnya. Pendekatan sosio-legal juga berperan untuk mendorong masyarakat agar menjadi lebih kritis terhadap norma hukum negara yang berpotensi melanggar hak-hak warga negara serta untuk memberikan input substantif kepada agenda reformasi hukum yang sedang berlangsung di Indonesia.

Guest Lecture, kerjasama antara Nagoya University dan Universitas Gadjah Mada

Dalam rangka kerjasama antara Nagoya University dan Universitas gadjah Mada, akan dilaksanakan acara:
“GUEST LECTURE”, dengan pembicara:
1. Prof Suzuru Shimada (Professor, Graduate School of Internasional Development)
2. Naoyuki Shinci (Lecturer, Faculty of Law)

Pada Jumat, 8 September 2017, pukul 13.30 WIB, di Gedung III, Rg.3.1.1 Fakultas Hukum UGM

Dosen Fakultas Hukum Raih Gelar Doktor usai Kaji Legal Standing Organisasi Lingkungan Hidup di Indonesia

img_4029

Rabu (21/12), Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) menggelar ujian terbuka untuk kedua kalinya pada hari yang sama. Ujian terbuka kedua ini dilaksanakan di ruang 3.1.1 yang dihadiri oleh Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M. selaku ketua, Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo, S.H., LL.M. sebagai promotor, Prof. Sudjito, S.H., M. Si. sebagai ko-promotor, dan dihadiri oleh penguji eksternal Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi H, S.H., MM. dari Universitas Sebelas Maret (UNS), serta Fajar Winarni, S.H., M. Hum. sebagai promovenda.

Dosen Universitas Tanjungpura Raih Gelar Doktor Pasca Teliti Model Penanganan Dampak Pertambangan Emas

img_4026

Nafsiatun S.H., M.Hum, berhasil mempertahankan disertasinya dalam Ujian Terbuka Promosi Doktor yang dihelat Rabu (21/12) bertempat di Ruang 3.1.1 FH UGM. Disertasi Nafiatun berjudul “Model Penanganan Dampak Pertambangan Emas Terhadap Lingkungan dan Masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat”. Bertindak selaku promotor adalah Prof. Dr. Marsudi Triadmodjo, S.H., LL.M.

Disertasi Nafsiatun membahas penyelesaian konflik akibat dampak pertambangan. Dalam latar belakangnya, Ia menuliskan bahwa selama ini kebijakan pemerintah dalam penetapan wilayah pertambangan seringkali mengabaikan rakyat. Seharusnya, rakyat yang terkena dampak negatif penetapan wilayah tambang diminta persetujuannya serta diberikan ganti rugi yang sebanding. “Masyarakat adat di sana telah memiliki kearifan lokal sendiri. Jika terjadi konflik diselesaikan dengan adat. Sehingga penyelesaiannya dapat membawa keadilan daripada melalui pengadilan,”terang Dosen Hukum Lingkungan Universitas Tanjungpura ini.

FH UGM Meraih Juara Contract Drafting di Universitas Padjajaran

contract-drafting

Delegasi dari FH UGM berhasil menjuarai Contract Drafting di Universitas Padjajaran yang diselenggarakan pada 25-27 November 2016 dengan tema “Rekonstruksi Hukum Olahraga Guna Mewujudkan Tujuan Hukum dalam Cabang Olahraga Sepakbola”. Dalam kompetisi ini, FH UGM meraih gelar juara 1, juara 2 dan penghargaan sebagai Best Contract. Kompetisi terdiri dari dua tahap, yakni tahap seleksi kontrak yang diikuti oleh 11 tim dan tahap praktek negosiasi setelah diambil 5 tim dengan kontrak terbaik pada tahap seleksi.

Delegasi Universitas Padjadjaran Meraih Juara I MCC Bulaksumur III

1479703002200

Komunitas Peradilan Semu Satria Paramartha (Sparta) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) kembali menyelenggarakan Kompetisi Peradilan Semu Perdata Tingkat Nasional MCC (Moot Court Competition) Bulaksumur. Tahun ini merupakan kali ke-3 kompetisi dua tahunan ini digelar setelah sebelumnya sukses terselenggara pada tahun 2012 dan 2014. Rangkaian acara MCC Bulaksumur III berlangsung pada 18 – 21 November 2016. Sejumlah 16 delegasi dari berbagai perguruan tinggi berpartisipasi memperebutkan posisi juara.

Nuansa jawa kental terasa pada malam penutupan (closing ceremony) yang menjadi acara puncak MCC Bulaksumur III, Minggu (20/11). Delegasi Universitas Padjajaran (Unpad) tahun ini sukses meraih juara I. Juara II diraih delegasi Universitas Katolik Parahyangan, sementara delegasi Universitas Negeri Semarang (Unnes) sukses merebut piala juara III.

Dosen STIH Umel Mandiri Jayapura Raih Doktor Usai Kaji Pengaturan Penanganan Fakir Miskin di Papua

img_3710

Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan kebijakan pemberlakuan otonomi khusus bagi Provinsi Papua, yaitu Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2008. Pembentukan Undang-Undang tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memajukan dan menyejahterakan rakyat Papua.

Undang-Undang ini mengandung beberapa kebijakan. Salah satunya ialah kebijakan fiscal dimana Provinsi Papua mendapatkan alokasi dana khusus. Namun,  banyak kalangan yang menilai pengelolaan dana otonomi khusus saat ini tidak tepat sasaran dan tidak ada transparansi. Sehingga, kebijakan tersebut tidak berdampak besar dalam penurunan tingkat kemiskinan. Hal inilah yang  melatar belakangi Edy Purwito mengangkat judul  “Pengaturan Penanganan Fakir Miskin Pada Era Otonomi Khusus di Provinsi Papua” pada disertasinya.

Fakultas Hukum UGM Gelar Seminar Lisensi Paten dan Manfaatnya bagi Perguruan Tinggi dan Industri

img_3699

Sabtu, (19/11) seminar “Lisensi Paten dan Manfaatnya bagi Perguruan Tinggi dan Industri” digelar di ruang 3.3.1 Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM). Acara tersebut diselenggarakan olehCenter for Intellectual Property Competition and Disputes Settlement Mechanism Studies (CICODS) dan Departemen Hukum Dagang FH UGM. Seminar ini menghadirkan lima pembicara yang melibatkan berbagai kalangan, mulai dari akademisi, praktisi, hingga pemerintah. Dr. Bambang Kesowo, S.H., LL.M hadir sebagai keynote speech dalam seminar ini.

UGM Juara 1 Brawijaya Law Fair 2016

7817-ugm-juara-1-brawijaya-law-fair-2016

Delegasi UGM berhasil membawa pulang trofi juara pertama dalam Kompetisi Debat Pidana Nasional Piala Munir Said Thalib Brawijaya Law Fair 2016. Bagi UGM, kemenangan ini semakin mengukuhkan posisi UGM sebagai salah satu kompetitor yang disegani dalam ajang kompetisi debat nasional.

“Tim debat kembali meneruskan tradisi. Sebelum lomba ini Fakultas Hukum UGM memang dari waktu ke waktu telah menjadi unggulan dalam setiap lomba debat di tingkat nasional,” ujar Dekan Fakultas Hukum, Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M, dalam konferensi pers yang berlangsung Senin (21/11) di Ruang Debat Fakultas Hukum.